RPP dan SILABUS PAUD ASSYIFA'

 


Rencana Pembelajaran (RPP) - Kelompok Bermain PAUD KB ASSYIFA’

Mata Pelajaran: Pengembangan Anak Usia Dini

Kelas/Tingkatan: Kelompok Bermain PAUD (Usia 3-6 tahun)

Topik Pembelajaran: Mengenal Lingkungan Sekitar

Standar Kompetensi:

·         Mengamati dan mengidentifikasi berbagai elemen dalam lingkungan sekitar.

·         Mengungkapkan perasaan dan pengalaman terkait dengan lingkungan sekitar.

Indikator Pencapaian:

1.      Mengenal dan menyebutkan nama-nama objek dan elemen lingkungan sekitar.

2.      Menunjukkan pemahaman tentang peran berbagai elemen dalam lingkungan sekitar.

3.      Mengungkapkan perasaan atau pengalaman pribadi terkait dengan lingkungan sekitar.

Tujuan Pembelajaran:

·         Siswa dapat mengamati, mengidentifikasi, dan menyebutkan elemen-elemen dalam lingkungan sekitar mereka.

·         Siswa dapat memahami peran berbagai elemen dalam lingkungan sekitar.

·         Siswa dapat mengungkapkan perasaan atau pengalaman mereka terkait dengan lingkungan sekitar.

Metode Pembelajaran:

·         Bermain peran dengan objek-objek lingkungan.

·         Pengamatan langsung dan diskusi kelompok.

·         Kegiatan seni berbasis lingkungan.

Materi Pembelajaran:

1.      Nama-nama objek di dalam dan di sekitar kelas.

2.      Gambar atau model tentang peran berbagai elemen dalam lingkungan sekitar.

Langkah-langkah Pembelajaran:

1.      Pembukaan (10 menit):

    • Bermain lagu sambutan.
    • Diskusi ringan tentang apa yang mereka lihat setiap hari di lingkungan sekitar mereka.

2.      Inti Pembelajaran (30 menit):

    • Bermain peran dengan mainan atau objek lingkungan.
    • Mengamati dan menyebutkan nama objek.
    • Diskusi kelompok tentang peran dan fungsi objek-objek tersebut.

3.      Penutup (10 menit):

    • Aktivitas seni berbasis lingkungan, seperti membuat gambar atau karya seni dengan bahan-bahan daur ulang.
    • Sharing dan diskusi singkat tentang apa yang mereka pelajari hari ini.

Penilaian:

·         Pengamatan langsung selama kegiatan bermain peran.

·         Partisipasi dalam diskusi kelompok.

·         Hasil karya seni dan ekspresi mereka tentang lingkungan.

Silabus - Kelompok Bermain PAUD KB ASSYIFA’

Mata Pelajaran: Pengembangan Anak Usia Dini

Tema Utama: Mengenal Diri dan Lingkungan Seputar

Minggu 1-2: Pengenalan Diri dan Teman

1.      Mengenal nama dan teman sekelas.

2.      Memahami perasaan dan ekspresi wajah.

Minggu 3-4: Pengenalan Lingkungan Sekitar

1.      Mengenal nama-nama objek di dalam dan di sekitar kelas.

2.      Menyebutkan peran berbagai elemen dalam lingkungan sekitar.

Minggu 5-6: Kegiatan Bermain dan Bebas di Alam Terbuka

1.      Bermain di taman atau halaman sekolah.

2.      Mengamati dan mengidentifikasi elemen alam seperti tanaman dan binatang kecil.

Minggu 7-8: Kebersihan dan Perlindungan Lingkungan

1.      Mengenal peran kebersihan dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

2.      Mengenal konsep daur ulang.

Minggu 9-10: Evaluasi dan Penutup

1.      Mengadakan pameran hasil karya anak.

2.      Evaluasi perkembangan anak selama pembelajaran.

Silakan modifikasi dan sesuaikan dengan karakteristik khusus PAUD KB ASSYIFA’ dan regulasi pendidikan yang berlaku di wilayah Anda. Pastikan untuk menjadwalkan kegiatan yang sesuai dengan tingkat pemahaman dan perhatian anak usia dini.

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama